PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Dapatkan promo mobil suzuki terbaru dan terlengkap. PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Unit Ready Stock PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Diskon & Hadiah berlimpah PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Proses Cepat PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK
Menu
Model
Beranda » News » Toyota Indonesia rayakan pencapaian ekspor 2 juta unit mobil

Toyota Indonesia rayakan pencapaian ekspor 2 juta unit mobil

Dipublish pada 15 February 2022 | Dilihat sebanyak 42 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencatatkan pencapaian volume ekspor sebanyak 2 juta unit secara akumulatif, setelah pada Selasa ini melepas ekspor perdana Toyota Fortuner buatan pabrik TMMIN di Karawang ke Australia.

Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono mengatakan pencapaian ekspor kendaraan utuh Toyota Indonesia yang mencapai 2 juta unit secara akumulatif tercapai berkat konsistensi dalam meningkatkan daya saing untuk meraih kepercayaan dari pasar global. Sebelumnya, Toyota Indonesia mencatatkan ekspor lebih dari 1 juta unit pada 2018.

“Pencapaian akumulatif dua juta unit ekspor dan ekspor perdana kendaraan utuh Toyota ke Australia merupakan bagian dari upaya kami berkontribusi pada perkembangan industri otomotif nasional Indonesia termasuk dalam menjaga neraca perdagangan yang positif,” jelas Warih dalam keterangan resmi pada Selasa.

“Kami selalu berupaya keras untuk terus meningkatkan daya saing dan meraih kepercayaan dari pasar global dalam aktivitas ekspor. Pencapaian ini tidak dapat terjadi tanpa dukungan dari semua pihak kepada industri otomotif,” kata dia.

Baca juga: Toyota segarkan dua varian New Corolla Altis

Warih menambahkan, pencapaian itu juga tercapai berkat upaya pemerintah Indonesia yang telah memberikan dukungan, termasuk dalam kerja sama bilateral dan multilateral.

Selain itu, Ekspor perdana Toyota Indonesia ke Australia merupakan tonggak sejarah baru bagi kinerja manufaktur otomotif nasional. Pengapalan Toyota Fortuner buatan Karawang ke Negeri Kangguru yang mulai bergulir pada Maret 2022, dan menjadi produk pertama dari Indonesia yang akan mengaspal di Australia.

Sejarah ekspor Toyota Indonesia

Ekspor Toyota Indonesia dimulai pada 1987 dengan pengapalan perdana Kijang generasi ketiga (Kijang Super) ke Brunei Darussalam. Volume ekspor perdana itu masih dalam jumlah yang sangat sedikit yaitu 50 unit per bulan.
 
Sejalan dengan upaya untuk terus meningkatkan daya saing, momentum terbaik kegiatan ekspor Toyota dimulai sejak Toyota Indonesia dipercaya dalam proyek IMV di tahun 2004.

Posisi strategis sebagai basis produksi Kijang Innova, memberikan peluang yang besar bagi Toyota Indonesia untuk memperluas penetrasi ke pasar global. Sejak saat itu, volume ekspor Toyota Indonesia meningkat menjadi sekitar 7.000 unit per tahun.

Upaya Toyota untuk meraih kepercayaan pasar ekspor bergerak bersama tumbuhnya industri otomotif Indonesia sehingga aktivitas ekspor semakin berkembang, baik volume dan negara tujuannya.

Saat ini Kijang Innova, Fortuner, Vios, Sienta, Veloz, Avanza, Rush, Lite Ace/Town Ace, Agya, dan Raize serta kendaraan terurai (CKD), mesin bensin, komponen, dan alat bantu produksi telah diekspor ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Pasifik, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Sementara itu, volume ekspor tahunan meningkat tajam menjadi lebih dari 100.000 unit per tahun sejak tahun 2012, bahkan menembus angka 200.000 unit per tahun pada 2018 dan 2019 sebelum pandemi COVID-19 menghantam ekonomi global.

Setelah terkoreksi hingga 30 persen di 2020 akibat pandemi, ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota dari Indonesia di tahun 2021 mencatatkan angka sebesar 188 ribu unit. Pencapaian itu memperlihatkan kinerja ekspor T-Brand sudah pulih hingga ke level 90 persen dibandingkan situasi sebelum pandemi. Tahun ini Toyota Indonesia berencana memproduksi model Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang juga ditujukan untuk pasar ekspor selain pasar domestik.

Baca juga: Toyota Indonesia berencana ekspor 600 Fortuner ke Australia pada 2022

Baca juga: Presiden Jokowi lepas ekspor mobil perdana ke Australia

Baca juga: Toyota kembali tangguhkan produksi di Ontario

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya

BPTJ Kemenhub: Biskita Transpakuan perlu didorong kebijkan dari Pemkot

Dipublish pada 2 November 2021 | Dilihat sebanyak 68 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Kepala BPTJ, Kementerian Perhubungan, Polana B. Pramesti, mengatakan kehadiran Biskita Transpakuan di Kota Bogor, Jawa Barat perlu didorong dengan kebijakan yang bersifat push policy oleh pemda setempat untuk memastikan keberlanjutan layanan transportasi umum. Layanan Biskita Transpakuan merupakan upaya... selengkapnya

Rieju rayakan hari jadi yang ke-80 dengan meluncurkan MR 300

Dipublish pada 25 February 2022 | Dilihat sebanyak 35 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan sepeda motor asal Spanyol, Reiju, tengah bergembira merayakan hari jadi mereka yang ke-80. Perayaan ini disambut dengan hadirnya kendaraan edisi terbatas dari MR 300 dengan livery dari MR 80 yang ikonik. Dikutip dari Ride Apart, Jumat,... selengkapnya

Oben EV segera luncurkan motor listrik di India

Dipublish pada 23 February 2022 | Dilihat sebanyak 33 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Oben EV asal India resmi mengumumkan bahwa mereka akan segera menghadirkan sepeda motor listrik barunya yang mereka sebut Rorr yang memiliki jangkauan hingga 200km. Dikutip dari Visor Down, Rabu, Rorr ini akan memiliki kecepatan yang hanya 60km/h dengan... selengkapnya

Our Office

PT. Sejahtera Armada Trada
Jl. Margonda Raya No.373, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16242

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.