PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Dapatkan promo mobil suzuki terbaru dan terlengkap. PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Unit Ready Stock PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Diskon & Hadiah berlimpah PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Proses Cepat PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK
Menu
Model
Beranda » News » Sinergi pemerintah penting untuk berantas angkutan umum ilegal

Sinergi pemerintah penting untuk berantas angkutan umum ilegal

Dipublish pada 23 July 2021 | Dilihat sebanyak 24 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si mengatakan, pemerintah perlu bersinergi dengan berbagai pihak terkait untuk memberantas angkutan umum ilegal atau travel gelap di Indonesia.

“Pemerintah bertanggung jawab atas penyelenggaraan angkutan umum yang selamat, aman, nyaman dan terjangkau,” kata Budi dalam Focus Group Discussion (FGD) daring bertajuk “Penegakan Hukum Angkutan Umum Ilegal Dalam Rangka Perlindungan Keselamatan Pengguna dan Keadilan Berusaha Angkutan Umum”, Jumat.

“Untuk itu, perusahaan angkutan umum baik dalam trayek maupun tidak dalam trayek wajib memiliki izin penyelenggaraan untuk setiap perusahaan, agar terjamin kualitas pelayanan, kelaikan kendaraan, kualitas sumber daya manusia serta pengawasannya,” imbuhnya.

Baca juga: Kemenhub berkomitmen berantas angkutan umum ilegal

Baca juga: Menhub serahkan bantuan sembako kepada pengemudi ojek daring

Lebih lanjut, Budi mengatakan sinergi ini juga diperlukan untuk solusi agar tidak ada lagi angkutan umum ilegal yang beroperasi, dan menyusun langkah konkret untuk perlindungan pengguna jasa angkutan umum.

“Sehingga tercipta keadilan usaha bagi perusahaan angkutan umum yang resmi berizin dan menyediakan pelayanan angkutan umum yang aman dan nyaman untuk seluruh pengguna jasanya, khususnya di era pandemi COVID-19,” kata dia.

Ia menambahkan, melalui kemajuan teknologi, pemerintah berusaha untuk memberikan kemudahan dan percepatan dalam proses perizinan dengan harapan akan semakin banyak perusahaan-perusahaan baru memiliki izin yang sah setelah mengikuti prosedur dan persyaratan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Budi memaparkan bahwa terdapat dua jenis angkutan ilegal. Pertama, angkutan umum penumpang dengan kendaraan bermotor dengan plat nomor berwarna kuning namun tidak dilengkapi dengan izin penyelenggaraan dan kartu pengawasan.

Kedua, angkutan umum penumpang dengan kendaraan bermotor dengan plat nomor berwarna hitam, atau yang lebih dikenal istilah dengan travel gelap.

Baik Budi dan pembicara lainnya dalam FGD ini sepakat bahwa keberadaan angkutan umum penumpang ilegal sangat merugikan masyarakat baik selaku pengguna maupun selaku pemilik perusahaan angkutan umum yang legal.

Bagi masyarakat pengguna, angkutan umum penumpang ilegal ini tidak dapat dijamin kelaikan kendaraannya karena tidak dapat diketahui status uji KIR-nya terutama untuk yang menggunakan plat nomor berwarna hitam.

Selain itu, masyarakat pengguna juga tidak mendapat kepastian tarif, kepastian jadwal serta kepastian tiba di tempat tujuan dengan selamat.

“Diperlukan langkah-langkah yang konkret untuk menghilangkan keberadaan Angkutan ilegal seperti upaya bersama / gabungan dengan TNI, Polri, Kemenhub, Dishub, Satpol PP dan Organda,” kata Budi.

“Lalu, pemberian sanksi yang tidak hanya diberikan ke pengemudi angkutan ilegal tapi juga diberikan kepada pemilik perusahaan yang mempekerjakan dan penumpang sehingga masyarakat teredukasi, serta pembentukan tim cyber yang memantau pergerakan dan pemesanan angkutan ilegal melalui media sosial,” pungkasnya.

Baca juga: Kemenhub keluarkan aturan pembatasan perjalanan selama libur Idul Adha

Baca juga: Kemenhub batasi perjalanan transportasi laut selama libur Idul Adha

Baca juga: Kemenhub: Progres jalur KA Kedundang-Bandara YIA capai 96,35 persen

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya

Federal Oil apresiasi upaya FOGM2 duduki lima besar paruh musim

Dipublish pada 28 June 2021 | Dilihat sebanyak 28 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – ExxonMobil Lubricants Indonesia bersama merk pelumas Federal Oil mengapresiasi kinerja pebalap Fabio Di Giannatonio dan tim Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2) yang mempertahankan posisi lima besar para paruh musim Moto2 2021. Pada perlombaan di sirkuit Assen-Belanda, Minggu... selengkapnya

Faurecia akan ambil alih perusahaan suku cadang Hella

Dipublish pada 16 August 2021 | Dilihat sebanyak 7 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Produsen peralatan mobil Prancis, Faurecia, akan membeli saham perusahaan suku cadang Hella di Jerman dalam kesepakatan sebesar 6,7 miliar euro atau sekitar Rp113,4 triliun. Melansir laporan Financial Times, tawaran tersebut merupakan konsolidasi terbaru dalam industri suku cadang... selengkapnya

Exxon Mobil Home Service perluas jaringan hingga ke Jawa Timur

Dipublish pada 18 June 2021 | Dilihat sebanyak 33 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Bertambahnya minat konsumen akan layanan perawatan mobil di rumah alias home service, PT Exxon Mobil kembali memperluas jaringan Mobil Home Service di berbagai kota besar di Indonesia seperti di Bandung, Surabaya, Malang dan Sidoarjo. Para konsumen di wilayah... selengkapnya

Our Office

PT. Sejahtera Armada Trada
Jl. Margonda Raya No.373, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16242

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.