PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Dapatkan promo mobil suzuki terbaru dan terlengkap. PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Unit Ready Stock PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Diskon & Hadiah berlimpah PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Proses Cepat PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK
Menu
Model
Beranda » News » Presidensi G20 Indonesia diharapkan percepat transisi energi global

Presidensi G20 Indonesia diharapkan percepat transisi energi global

Dipublish pada 12 May 2022 | Dilihat sebanyak 13 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda menyampaikan bahwa Presidensi G20 Indonesia diharapkan dapat mencapai kesepakatan dalam mempercepat dan memperkuat transisi energi global yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Transisi energi berkelanjutan merupakan salah satu isu prioritas Presidensi G20 Indonesia. Kita semua pasti merasakan dampak dari isu ini, di mana suhu bumi semakin memanas setiap tahunnya. Studi terbaru menyebutkan suhu tahunan bumi diperkirakan naik hingga 1,5 derajat Celcius selama lima tahun ke depan,” kata Maudy dalam pernyataannya, Kamis.

Maudy mengatakan, sektor energi merupakan kontributor perubahan iklim paling dominan yang menyumbang hampir 90 persen dari emisi CO2 secara global. Aktivitas manusia juga telah berdampak luas pada kerusakan atmosfer, laut, kriosfer, dan biosfer, sehingga mengakibatkan kerugian dan kerusakan alam permanen di muka bumi.

Baca juga: Maudy Ayunda berbagi cerita menjadi jubir Presidensi G20 Indonesia

“WHO juga telah menyebutkan perubahan iklim ancaman terbesar kesehatan global di abad 21. Munculnya banyak penyakit baru sampai menyebabkan pandemi di seluruh dunia termasuk Indonesia adalah salah satu dampak nyata ancaman perubahan iklim ini,” ujar Maudy.

Oleh karena itu, menurut Maudy, ancaman serius itu perlu segera ditangani bersama dalam Presidensi G20 Indonesia. Secara umum, kata dia, ada tiga isu transisi energi yang diangkat dalam Presidensi G20 Indonesia.

Pertama, energy accessibility atau ekses energi yang terjangkau, berkelanjutan, dan dapat diandalkan. Tujuannya, untuk meningkatkan kerja sama internasional dalam memfasilitasi akses ke penelitian dan teknologi bersih termasuk energi terbarukan, efisiensi energi, dan teknologi bahan bakar fosil yang maju dan lebih bersih, serta mendorong investasi dalam infrastruktur energi dan teknologi energi bersih.

“Hal ini juga mendorong pencapaian target sustainable development nomor 7 yang batas waktunya hingga 2030,” tambah Maudy.

Kedua, smart and clean energy technology, yaitu mendorong implementasi teknologi pintar dan bersih, baik dalam konteks efisiensi energi, pengurangan emisi, maupun pengembangan energi terbarukan.

Baca juga: Keamanan siber pilar penting keberhasilan transformasi digital

Ketiga, advancing energy financing, yaitu pembiayaan untuk mendukung dua poin sebelumnya. Maudy mengatakan, skema dan mekanisme pembiayaan perlu dikembangkan dan mengurangi berbagai hambatan dengan menggalang kolaborasi semua pihak baik pemerintah, swasta, maupun filantropi dengan model bisnis atau public-private partnership yang inovatif.

Menurut Maudy, transisi energi berkelanjutan memiliki tingkat urgensi yang sangat tinggi sehingga harus menjadi perhatian semua pihak. Masyarakat pun dapat mengambil peran untuk terlibat langsung dalam mendukung hal tersebut.

“Aktivitas sederhana yang secara perlahan bisa kita transisikan adalah penggunaan transportasi umum untuk mengurangi energi gas buang,” kata Maudy.

Selain itu, kata Maudy, penggunaan kendaraan listrik juga menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk merealisasikan penerapan transisi energi berkelanjutan atau energi hijau.

“Para pembuat kebijakan di G20 ini bahkan sudah menerapkannya selama gelaran G20. Mobilisasi mereka dilakukan menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan,” ujar Maudy.

Baca juga: Indonesia jembatani diskusi isu arus data lintas batas negara di G20

Baca juga: Indonesia dorong negara G20 punya indeks literasi digital

Baca juga: Jubir Presidensi G20 Indonesia berperan dorong warga sukseskan G20

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya

Dari atas bukit, warga antusias saksikan Tes Pramusim MotoGP 2022

Dipublish pada 13 February 2022 | Dilihat sebanyak 45 kali | Kategori: News

13 Februari 2022 21:32 ANTARA – Tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (12/2), menimbulkan antusiasme masyarakat sekitar. Mereka menyaksikan dari atas bukit dan berusaha mengabadikan... selengkapnya

Suzuki sediakan bengkel siaga di jalur mudik Sumatera-Jawa-Bali

Dipublish pada 22 April 2022 | Dilihat sebanyak 11 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1443 H, tahun ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali menghadirkan program Bengkel Siaga Suzuki di sepanjang jalur mudik dari Sumatera hingga Bali. “Tahun ini kami telah menyiapkan 40 Bengkel Siaga... selengkapnya

Hyundai sediakan layanan 24 jam selama libur Lebaran

Dipublish pada 25 April 2022 | Dilihat sebanyak 11 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Hyundai Motor Indonesia (HMID) menyediakan layanan “Hyundai Siaga Mudik 2022”, termasuk layanan pelanggan 24 jam, untuk membantu para pelanggannya yang sedang dalam perjalanan mudik Lebaran atau Idul Fitri 1443 Hijiah. Layanan yang tersedia dari 27 April hingga... selengkapnya

Our Office

PT. Sejahtera Armada Trada
Jl. Margonda Raya No.373, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16242

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.