PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Dapatkan promo mobil suzuki terbaru dan terlengkap. PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Unit Ready Stock PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Diskon & Hadiah berlimpah PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Proses Cepat PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK
Menu
Model
Beranda » News » Pemerintah perpanjang PPnBM 100 persen demi pemulihan ekonomi

Pemerintah perpanjang PPnBM 100 persen demi pemulihan ekonomi

Dipublish pada 18 September 2021 | Dilihat sebanyak 38 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah resmi memperpanjang masa diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen untuk kendaraan bermotor sampai akhir Desember 2021, untuk mendorong efek ganda perekonomian dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Pemberian insentif diskon 100 persen ini semula berakhir Agustus 2021, namun, karena implementasinya terbukti efektif memacu pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan konsumsi masyarakat menengah atas, pemerintah memutuskan memperpanjang,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, dalam keterangan pers, Sabtu.

Baca juga: DPR apresiasi perpanjangan diskon PPnBM otomotif

Perpanjangan insentif tercantum dalam PMK 120/PMK 010/2021. Perpanjangan diberlakukan pada PPnBM DTP 100 persen untuk mobil segmen kurang dari atau sama dengan 1.500 cc kategori sedan dan 4×2 dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 70 persen, PPnBM DTP 50 persen untuk mobil bersegmen > 1.500 cc s.d 2.500 cc kategori 4×2 dengan TKDN paling sedikit 60 persen serta PPnBM DTP 25 persen untuk mobil bersegmen > 1.500 cc s.d 2.500 cc kategori 4×4 dengan TKDN paling sedikit 60 persen.

“Bagi yang sudah terlanjur bayar PPnBM atau PPN atas pembelian kendaraan bermotor September 2021, akan dikembalikan atau refund oleh Pengusaha Kena Pajak yang melakukan pemungutan,” kata Johnny.

Perpanjangan masa diskon ini turut mempertimbangkan hasil evaluasi penjualan mobil dan efek ganda yang ditimbulkan. Dampak yang timbul antara lain peningkatan permintaan, produksi, tenaga kerja maupun sektor pendukung seperti industri barang logam karet dan jasa keuangan.

Secara kumulatif, dari Januari-Juli 2021, penjualan mobil ritel tumbuh 38,5 persen secara year-on-year. Produksi mobil secara kumulatif sejak awal tahun pun tumbuh 49,4 persen.

“Peningkatan produksi ini tidak hanya memenuhi kebutuhan domestik, tapi, juga ekspor kendaraan complete knock down (CKD) yang tumbuh 169,7 persen (yoy),” kata Johnny.

Dengan performa itu, pertumbuhan Produk Domestik Bruto sektor industri dan perdagangan alat angkutan tumbuh masing-masing 45,7 persen dan 37,9 persen (yoy) pada kuartal II 2021.

Jika terus dipertahankan, performa ini akan mempercepat pemulihan ekonomi dan para produsen kendaraan bermotor dapat kembali beroperasi dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Baca juga: Menperin proyeksikan ada tambahan penerimaan pajak dari diskon PPnBM

Baca juga: Daihatsu apresiasi pemerintah atas perpanjangan diskon PPnBM

Baca juga: Diskon pajak otomotif resmi diperpanjang, ini kata Menperin

Pewarta: N012
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya

Lexus Indonesia gelar pameran virtual Immersive World

Dipublish pada 27 July 2021 | Dilihat sebanyak 54 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Lexus Indonesia merangkum seluruh layanan dan kemewahan mobil-mobil yang mereka tawarkan melalui gelaran pameran virtual “Lexus Immersive World” yang dihelat pada 26 – 31 Juli 2021. Melalui pameran itu, Lexus Indonesia membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pelanggan untuk... selengkapnya

Tabrak pejalan kaki di kampung atlet, Toyota e-Pallete disetop operasi

Dipublish pada 28 August 2021 | Dilihat sebanyak 46 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Toyota Motor pada Jumat (27/8) menyatakan bahwa mereka telah menangguhkan semua pod transportasi kendaraan otonom e-Palette di kampung atlet Paralimpiade Tokyo setelah insiden tabrakan yang melukai pejalan kaki dengan gangguan penglihatan. Dalam sebuah video YouTube, Kepala Eksekutif Toyota... selengkapnya

Penerus Aventador akan hadir dengan Mesin V12 baru

Dipublish pada 19 July 2021 | Dilihat sebanyak 56 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – CEO Lamborghini Stephan Winkelmann mengatakan bahwa penerus kejayaan dari Lamborghini Aventador akan menampilkan mesin yang serba baru. Dalah urusan ini, sudah lama diketahui bahwa Aventador akan menjadi supercar bertenaga V12 terakhir yang diproduksi oleh Lamborghini tanpa teknologi... selengkapnya

Our Office

PT. Sejahtera Armada Trada
Jl. Margonda Raya No.373, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16242

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.