PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Dapatkan promo mobil suzuki terbaru dan terlengkap. PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Unit Ready Stock PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Diskon & Hadiah berlimpah PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Proses Cepat PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK
Menu
Model
Beranda » News » Pakar: BBM RON rendah berisiko rusak mesin

Pakar: BBM RON rendah berisiko rusak mesin

Dipublish pada 11 July 2021 | Dilihat sebanyak 8 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan Research Octane Number (RON) rendah bisa meningkatkan risiko kerusakan mesin, selain menurunkan performa atau unjuk kerja kendaraan, menurut pakar kendaraan mesin bakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Iman Kartolaksono Reksowardojo di Jakarta, Minggu.

Selain itu, katanya, BBM RON rendah juga memperburuk emisi gas buang kendaraan bermotor, membuat mesin mengelitik (knocking), bahkan terburuk, berpotensi membuat ruang bakar berlubang.

“BBM RON rendah bisa menyebabkan knocking atau mengelitik. Knocking harus dihindari, karena dalam kasus ekstrem bisa merusak mesin, membuat piston berlubang, serta menurunkan efisiensi dan menaikkan emisi gas buang,” katanya.

Baca juga: Pertamina rangkul BUMD perluas akses energi bagi masyarakat

Iman yang juga anggota Komite Teknis Bahan Bakar Fosil dan Nabati itu menjelaskan, BBM RON rendah memang menjadi penyebab knocking.

Secara termodinamika, knocking terjadi karena BBM RON rendah tidak tahan terhadap tekanan atau temperatur tinggi, sehingga BBM bisa terbakar sebelum waktunya untuk dinyalakan api dari busi.

Kerugian pemakaian BBM RON rendah, jelas Iman, juga terjadi meski kendaraan dilengkapi dengan articial intelligence (AI). Meski pemrograman AI akan membuat mesin lebih fleksibel terhadap kualitas BBM yang dikonsumsi, namun pada dasarnya BBM RON rendah merugikan, terutama dalam jangka panjang.

Programing yang dilengkapi AI bisa beradaptasi supaya tidak merusak motor. Tetapi tetap saja ada batasnya. Dan konsuensinya terhadap kinerja yang menurun, efisensi menurun, dan emisi memburuk,” kata Iman.

Baca juga: Pertamina buka Pertashop BBM diesel pertama di Jateng

Itu sebabnya, Ketua Ikatan Ahli Bahan Bakar Indonesia (IABI itu menilai positif kecenderungan meningkatnya konsumsi BBM berkualitas yang dibarengi dengan penurunan konsumsi BBM RON rendah.

“Dan ke depan tentu saja kecenderungan tersebut harus terus ditingkatkan. Sangat menggembirakan. Karena kualitas BBM memang harus meningkat,” kata dia.

Peningkatan konsumsi BBM berkualitas, sebelumnya disampaikan Satgas Ramadhan Idul Fitri (RAFI) Pertamina. Konsumsi Pertamax series dan Dex series berada di atas angka 11 persen. Dan di sisi lain, penggunaan BBM dengan oktan paling rendah (RON 88) berada di bawah 10 persen.

Menurut Iman, hal sebaliknya terjadi jika kendaraan diisi dengan BBM RON tinggi. BBM berkualitas tersebut, menurutnya tahan terhadap temperatur dan tekanan tinggi, untuk tidak menyala dengan sendirinya.

“Dengan demikian, pembakaran yang terjadi pada BBM oktan tinggi, hanya berasal dari api busi. Bukan karena temperatur dan tekanan yang tinggi yang berasal bukan dari busi,” ujarnya.

Oleh karena itu, Iman mengingatkan, pentingnya menggunakan BBM dengan angka oktan tinggi, tidak hanya bagi kendaraan roda empat, namun juga sepeda motor. Apalagi, spesifikasi mesin kendaraan keluaran terbaru memang dirancang untuk BBM dengan RON yang tinggi.

“Jadi memang harus sesuai. Kalau mesinnya dirancang untuk oktan tinggi maka harus mempergunakan BBM dengan angka oktan tinggi. Jika tidak, maka akan terjadi off-design operation atau operasi mesin di luar perancangan,” ujarnya.

Baca juga: Pakar mesin: Kendaraan keluaran baru wajib gunakan BBM berkualitas

Baca juga: Pertamina hadirkan Pertamax Turbo di Berau

Pewarta: S025
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya

Seva tawarkan kemudahan urus dokumen kendaraan via daring

Dipublish pada 21 June 2021 | Dilihat sebanyak 14 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Marketplace otomotif Astra Digital, Seva.id, menawarkan layanan pengurusan surat kendaraan secara daring guna memudahkan masyarakat melaksanakan kewajibannya membayar pajak tanpa harus keluar rumah. Head of Product Seva.id, Fandi Musjafir, mengatakan layanan pengurusan dokumen kendaraan bermotor secara daring... selengkapnya

Penjualan mobil listrik VW ID4 tidak sesuai harapan

Dipublish pada 22 June 2021 | Dilihat sebanyak 16 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Volkswagen ID, seri mobil listrik dari pabrikan Jerman, ternyata tidak mendulang penjualan seperti yang diharapkan di China sebagai pasar EV terbesar dunia. Reuters mewartakan pada Selasa, menurut konsultan otomotif LMC, penjualan dua varian VW ID.4 pada bulan... selengkapnya

Walikota Magelang sambut baik hadirnya 90 armada Luxena Victory

Dipublish pada 2 July 2021 | Dilihat sebanyak 10 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Walikota Magelang, H.M Nur Aziz sangat menyambut baik atas hadirnya 90 armada logistik yang dimiliki oleh Luxena Victory yang akan diyakini akan memberikan manfaat yang banyak. “Dengan hadirnya armada baru dari Luxena, kami yakin akan dapat memberikan... selengkapnya

Our Office

PT. Sejahtera Armada Trada
Jl. Margonda Raya No.373, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16242

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.