PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Dapatkan promo mobil suzuki terbaru dan terlengkap. PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Unit Ready Stock PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Diskon & Hadiah berlimpah PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Proses Cepat PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK
Menu
Model
Beranda » News » Kesiapan infrastruktur dorong harga mobil listrik lebih terjangkau

Kesiapan infrastruktur dorong harga mobil listrik lebih terjangkau

Dipublish pada 31 August 2021 | Dilihat sebanyak 65 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Ketua Badan Kejuruan Teknik Industri Persatuan Insinyur Indonesia (BKTI-PII), I Made Tangkas, mengatakan harga kendaraan listrik (electric vehicle / EV) terutama mobil listrik bisa turun dan lebih bersaing melalui kehadiran sejumlah infrastruktur pendukung ekosistem EV seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Teknologi dari kendaraan listrik ini masih mahal. Mudah-mudahan dengan pelayanan charging station ini bisa diberikan harga yang murah dan bersaing, serta juga menjadi faktor ekonomi bagi masyarakat Indonesia,” kata I Made dalam jumpa pers daring, Selasa.

“Ini yang menurut saya sangat penting. Karena selain zero emission, kita juga melihat bagaimana pemakaian dengan harga terjangkau ini menjadi penting bagi masyarakat,” ujar pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menambahkan.

Pria yang juga merupakan presiden Institute Otomotif Indonesia dan Founder sekaligus CEO IBIMA itu mengatakan, terdapat beberapa poin lainnya dalam menyikapi kehadiran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Pertama, menurutnya bisa dilihat dari kesiapan regulasi pemerintah yang sifatnya dari hulu ke hilir. “Dari end-to-end, hulu ke hilir, ini sudah harus disiapkan material, perakitan, baterai, motor, hingga pelayanan ke pelanggan. Peraturan dan standar harus disiapkan,” katanya.

Selanjutnya, adalah bagaimana edukasi dan sosialisasi kepada pelanggan. Menurut I Made, sosialisasi dan edukasi sangat penting, mengingat kendaraan listrik mengusung banyak teknologi baru yang mungkin masih asing bagi masyarakat kebanyakan.

Poin berikutnya adalah rantai pasok yang perlu digerakkan pula dari hulu ke hilir. “Bicara tentang TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), ini adalah bagaimana perannya ikut mensejahterakan masyarakat Indonesia melalui produk buatan dalam negeri. Ini menjadi penting sehingga bisa kita dukung aplikasi EV ini menjadi sesuatu yang bermanfaat nyata bagi masyarakat,” paparnya.

Menambahkan, Chief Operational Officer Hyundai Gowa, Sigit Wahyu Anggoro mengatakan, pihaknya melalui Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution bersama pemerintah Indonesia sudah melakukan kerja sama untuk melakukan produksi baterai listrik di Indonesia, yang rencananya akan mulai berproduksi di tahun 2024.

“Ini akan menjadi kabar baik dan jawaban atas pertanyaan Bapak I Made, karena tidak hanya pabrik Hyundai saja, tapi juga pabrik baterai, sehingga harapannya harga mobil listrik bisa semakin terjangkau,” kata Sigit.

“Dengan harga yang makin terjangkau, pengguna semakin banyak, otomatis itu akan semakin memperbesar ekosistem kendaraan listrik itu sendiri, dan target pemerintah akan 2,2, juta mobil listrik di 2030 akan makin mudah tercapai,” imbuhnya.

Baca juga: EVCuzz targetkan bangun 70 SPKLU di Indonesia tahun ini

Baca juga: Harga dan kesiapan infrastruktur jadi tantangan adopsi EV di Indonesia

Baca juga: EU-Asean Business Council dorong percepatan transisi energi di ASEAN

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya

Wuling jual lebih dari 500.000 Hongguang Mini EV pada 2021

Dipublish pada 15 January 2022 | Dilihat sebanyak 6 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – SAIC-GM-Wuling mengumumkan bahwa penjualan model kendaraan listrik Hongguang Mini EV telah melampaui 500.000 unit pada tahun 2021. Dikutip Gizmochina, Sabtu, capaian tersebut menjadikan Hongguang EV sebagai peringkat pertama di China dalam hal penjualan tahunan untuk mobil yang... selengkapnya

Shell Indonesia hadirkan solar berstandar Euro 5

Dipublish pada 18 January 2022 | Dilihat sebanyak 6 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Shell Indonesia menghadirkan bahan bahar solar V-Power Diesel berstandar Euro 5 yang menyasar pengguna sport utility vehicle (SUV) di antaranya Mitsubishi Pajero Sport, Hyundai Palisade hingga Hyundai New Santa Fe. “Produk Shell V-Power Diesel terbaru kami dirancang... selengkapnya

Porsche kenalkan Taycan Cross Turismo berkemampuan off-road

Dipublish pada 25 October 2021 | Dilihat sebanyak 17 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Menambahi jajaran mobil listriknya, Porsche memperkenalkan New Taycan Cross Turismo yang memiliki jangkauan hingga sekitar 400 km per jam untuk satu kali pengisian daya baterai penuh. Porsche sangat bersemangat membawa Taycan Cross Turismo ke Indonesia. Dengan jumlah... selengkapnya

Our Office

PT. Sejahtera Armada Trada
Jl. Margonda Raya No.373, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16242

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.