PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Dapatkan promo mobil suzuki terbaru dan terlengkap. PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Unit Ready Stock PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Diskon & Hadiah berlimpah PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Proses Cepat PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK
Menu
Model
Beranda » News » Kemenhub terbitkan aturan teknis baru bagi operator dan penumpang

Kemenhub terbitkan aturan teknis baru bagi operator dan penumpang

Dipublish pada 21 October 2021 | Dilihat sebanyak 59 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerbitkan empat Surat Edaran (SE) yang mengatur tentang Syarat Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa COVID-19, baik menggunakan transportasi darat, laut, udara, maupun perkeretaapian.

“SE Kemenhub mengatur hal-hal teknis sebagai petunjuk pelaksanaan bagi para operator prasarana dan sarana, maupun bagi para calon penumpang di semua moda transportasi terkait perjalanan orang dalam negeri,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati di Jakarta, Kamis.

Adapun keempat SE Kemenhub tersebut yaitu SE Kemenhub No. 86 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Darat; SE Kemenhub No. 87 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Laut; SE Kemenhub No. 88 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara; dan SE Kemenhub No. 89 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian.

Baca juga: Pelni imbau penumpang lengkapi syarat perjalanan penumpang kapal

Untuk transportasi udara, kapasitas penumpang dapat lebih dari 70 persen, namun penyelenggara angkutan udara tetap wajib menyediakan tiga baris kursi yang diperuntukkan sebagai area karantina bagi penumpang yang terindikasi bergejala COVID-19.

Sedangkan penetapan kapasitas terminal bandar udara ditetapkan paling banyak 70 persen dari jumlah Penumpang Waktu Sibuk (PWS) pada masa normal.

Untuk transportasi darat, di daerah dengan kategori PPKM level 3 dan 4 diterapkan pembatasan jumlah penumpang paling banyak 70 persen dan 100 persen untuk daerah dengan kategori PPKM Level 1 dan Level 2.

Untuk transportasi laut, di daerah dengan kategori PPKM level 4 diterapkan kapasitas maksimal 50 persen, di level 3 (70 persen), dan level 1 dan 2 (100 persen).

Baca juga: Satgas COVID-19 terbitkan syarat perjalanan sesuai PPKM Level 1-4

Untuk kereta api, kapasitas penumpang kereta api antarkota maksimal 70 persen untuk komuter dalam wilayah atau kawasan aglomerasi, maksimal 32 persen untuk Kereta Rel Listrik (KRL), dan maksimal 50 persen untuk Kereta Api Lokal Perkotaan.

Lebih lanjut Adita menjelaskan, pengawasan terhadap Surat Edaran ini dilakukan melalui otoritas di tiap-tiap moda transportasi, bekerja sama dengan unsur terkait

SE Kemenhub ini ditetapkan dan mulai berlaku efektif pada 21 Oktober 2021, sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan dan/atau perkembangan terakhir di lapangan.

“Khusus untuk transportasi udara, SE ini baru akan mulai berlaku efektif pada Minggu, 24 Oktober pukul 00:00 WIB, untuk memberikan kesempatan kepada maskapai dan operator bandara mempersiapkan diri serta memberikan sosialisasi kepada calon penumpang,” kata Adita.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi jadi syarat perjalanan internasional

Baca juga: Kemenhub nilai kolaborasi jadi kunci pengendalian sektor transportasi

Baca juga: PPKM diperpanjang, Syarat pelaku perjalanan di dalam negeri masih sama

Pewarta: A087
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya

Wilopo Cargo luncurkan Wilopo Apps tahun ini

Dipublish pada 24 June 2021 | Dilihat sebanyak 131 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan jasa ekspidisi, Wilopo Cargo akan segera menghadirkan aplikasi Wilopo Apps tahun ini guna mempermudah konsumen yang ingin melakukan pengiriman barang dari China ke Indonesia. “Tahun ini kami akan luncurkan inovasi terbaru, yaitu Wilopo Apps dan Wilopo Points yang... selengkapnya

All New Honda City hadir di Indonesia dibanderol Rp355 juta

Dipublish pada 28 October 2021 | Dilihat sebanyak 56 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – PT Honda Prospect Motor resmi merilis model terbaru All New Honda City sedan yang menawarkan tampilan lebih elegan dengan sejumlah fitur terkini dan dibanderol seharga Rp355 juta. “Kami yakin dengan kehadiran All New Honda City ini dapat... selengkapnya

Uni Eropa gelontorkan dana untuk semikonduktor

Dipublish pada 30 January 2022 | Dilihat sebanyak 44 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Uni Eropa akan berinvestasi puluhan miliar untuk mendorong industri semikonduktor dan meningkatkan pangsa pasar produksi global hingga 20 persen. “Saya tidak akan memberikan tingkat investasi, tapi, ini akan sepadan dengan apa yang ingin diberikan Amerika Serikat,” kata Komisioner... selengkapnya

Our Office

PT. Sejahtera Armada Trada
Jl. Margonda Raya No.373, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16242

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.