PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Dapatkan promo mobil suzuki terbaru dan terlengkap. PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Unit Ready Stock PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Diskon & Hadiah berlimpah PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Proses Cepat PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK
Menu
Model
Beranda » News » Hindari kecelakaan, begini etika berkendara di jalan tol

Hindari kecelakaan, begini etika berkendara di jalan tol

Dipublish pada 5 November 2021 | Dilihat sebanyak 35 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Jalan tol menjadi pilihan banyak orang untuk mempermudah perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh guna menghindari kemacetan di jalur biasa.

Namun, tidak sedikit para pengguna lalai akan peraturan yang sudah ada sehingga menyebabkan terjadi kecelakaan yang fatal seperti yang menimpa Vanessa Angel beserta suami dan keluarganya.

Baca juga: Polda Jatim: Pemeriksaan sopir mobil Vanessa tunggu pemulihan

“Berkendara aman bukan hanya sekedar memastikan kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima, tetapi terdapat hal fundamental yang harus diperhatikan saat berkendara agar tidak menimbulkan risiko, baik bagi diri sendiri maupun pengemudi lainnya, yaitu memahami dan mentaati aturan lalu lintas,” ungkap Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra,L. Iwan Pranoto dalam keterangan resminya, Jumat.

Dalam hal ini, terdapat lima hal yang patut diperhatikan bagi masyarakat untuk lebih mawas diri ketika mereka mengambil keputusan untuk melintasi jalan bebas hambatan berbayar ini.

1. Pahami jalur yang dipilih
Para pengendara seharusnya sudah mengetahui aturan dasar di jalan sesuai dengan kecepatan kendaraan yang mereka bawa. Seperti diketahui, lajur sebelah kanan diperuntukkan bagi kendaraan yang bergerak lebih cepat atau diperuntukkan untuk menyusul kendaraan lain.

Sedangkan lajur pada bagian kiri diperuntukkan bagi kendaraan yang memiliki kecepatan yang lebih lambat atau tergolong kendaraan besar seperti bus dan truk.

Selain itu, terdapat bahu jalan di luar tiga lajur utama, fungsinya digunakan hanya untuk kendaraan yang berada dalam keadaan darurat, misal mobil ambulans.

2. Perhatikan batas kecepatan
Para pengendara juga tidak bisa seenaknya mengendarai kendaraan mereka di jalan tol, meski terlihat lengang dan tidak begitu padat, mereka diwajibkan untuk mematuhi batas kecepatan yang sudah ditentukan.

Batas kecepatan juga sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4, batas kecepatan di jalan tol yaitu 60 hingga 100 kilometer per jam, sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang di sisi jalan tol.

Baca juga: Keluarga belum putuskan hak asuh anak Vanessa dan Bibi

3. Perhatikan jarak dengan kendaraan sekitar
Ketika berkendara di jalan tol, para pengendara wajib mengatur jarak dengan para pengendara lainnya. Karena, di dalam tol bukan sudah lagi menghitung jarak, melainkan jarak itu sudah ditentukan oleh waktu sepersekian detik.

Banyak kecelakaan beruntun juga karena mereka tidak begitu paham dengan atur pentingnya menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depannya.

Cara termudah untuk menghitung jarak aman adalah dengan teknik berhitung tiga detik dengan menentukan patokan benda statis yang dilalui kendaraan di depan Anda.

“Perhitungan tiga detik ini merupakan hasil perhitungan dari waktu reaksi manusia saat melihat suatu kondisi sampai dengan mengambil tindakan memerlukan waktu kurang lebih dua detik dan juga waktu reaksi mekanikal yang membutuhkan kurang lebih satu detik,” kata dia.

4. Pastikan performa mobil dalam keadaan prima
Selain aturan-aturan yang diterapkan di jalan tol, nyatanya terdapat faktor lain yang harus diperhatikan, yaitu memastikan performa mobil dalam keadaan baik dan normal.

Pastikan bahan bakar mobil sudah terisi dalam batas aman, pengecekan rem, lampu sein, klakson, hingga tekanan ban serta wiper yang membantu pengendara di saat musim hujan seperti sekarang ini.

5. Kondisi pengemudi dalam kondisi prima

Hal penting lainnya saat berkendara adalah kondisi pengemudi harus ada dalam kondisi yang prima, tidak mengantuk, tidak dalam pengaruh alkohol, dan harus fokus. Selain itu, gunakan sabuk pengaman agar pengemudi dapat tetap aman di saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: DKI kemarin, evaluasi kecelakaan TransJakarta hingga jenazah Vanessa

Baca juga: Akal sehat yang jernih penting saat berkendara

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya

TREVO dukung vaksinasi dengan transportasi terjangkau

Dipublish pada 23 August 2021 | Dilihat sebanyak 63 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Platform berbagi mobil TREVO, menawarkan pilihan transportasi yang terjangkau bagi masyarakat di Jakarta untuk menghadiri janji vaksinasi mereka secara aman. TREVO memungkinkan masyarakat untuk menyewa kendaraan langsung dari pemiliknya dan baru saja merilis program Aman Bareng TREVO.... selengkapnya

Honda patok target 40 ribu per tahun untuk All New BR-V

Dipublish pada 29 November 2021 | Dilihat sebanyak 15 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Honda Prospect Motor (HPM) mematok target penjualan All New BR-V bisa menembus hingga 40.000 per tahunnya. “Dengan capaian sekarang yang memuaskan, kita akan targetkan domestik kita itu di angka 40 ribu pert ahunnya,” ungkap Business Innovation and Marketing... selengkapnya

Astra Motor Papua hadirkan CB150R Streetfire bagi pecinta motor sport

Dipublish pada 14 June 2021 | Dilihat sebanyak 79 kali | Kategori: News

Jayapura (ANTARA) – Astra Motor Papua menghadirkan All New CB150R Streetfire dengan tampilan desain baru yang semakin masif dan agresif layaknya motor big bike bagi pecinta motor naked sport di Bumi Cenderawasih. Region Head Astra Motor Papua Wendy Tenario di... selengkapnya

Our Office

PT. Sejahtera Armada Trada
Jl. Margonda Raya No.373, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16242

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.