PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Dapatkan promo mobil suzuki terbaru dan terlengkap. PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Unit Ready Stock PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Diskon & Hadiah berlimpah PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Proses Cepat PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK
Menu
Model
Beranda » News » BPTJ Kemenhub: Biskita Transpakuan perlu didorong kebijkan dari Pemkot

BPTJ Kemenhub: Biskita Transpakuan perlu didorong kebijkan dari Pemkot

Dipublish pada 2 November 2021 | Dilihat sebanyak 26 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Kepala BPTJ, Kementerian Perhubungan, Polana B. Pramesti, mengatakan kehadiran Biskita Transpakuan di Kota Bogor, Jawa Barat perlu didorong dengan kebijakan yang bersifat push policy oleh pemda setempat untuk memastikan keberlanjutan layanan transportasi umum.

Layanan Biskita Transpakuan merupakan upaya bersama antara Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Pemerintah Kota Bogor melalui subsidi berbasis skema Buy The Service (BTS). Bus ini hadir dengan standar layanan dengan konsep Bus Rapid Transit (BRT) dan diberikan subsidi operasional.

Polana mengatakan subsidi dalam bentuk BTS merupakan keputusan Pemerintah Pusat untuk memberikan dukungan terkait dengan kebijakan yang bersifat pull policy.

Baca juga: BISKITA TRANSPAKUAN sediakan aplikasi untuk lihat jadwal bus

“Pemerintah Daerah umumnya menghadapi keterbatasan untuk menyediakan layanan angkutan umum massal yang memiliki standar pelayanan yang baik, maka dari itu Pemerintah Pusat hadir memberikan dukungan dalam bentuk subsidi BTS,” kata Polana melalui keterangan resmi, Selasa.

Polana mengatakan kebijakan yang bersifat push policy merupakan kebijakan yang bertujuan untuk mendorong masyarakat agar memilih menggunakan angkutan massal umum.

Kebijakan tersebut, lanjutnya, dapat berupa pembatasan penggunaan kendaraan pribadi atau kebijakan yang mendorong persyaratan yang lebih ketat untuk kepemilikan kendaraan pribadi.

Baca juga: Kota Bogor pilih sehatkan perusahaan daerah jasa transportasi

“Jadi terbentuk kolaborasi yang diharapkan yaitu Pemerintah Pusat memberikan bantuan yang bersifat pull policy kemudian Pemerintah Daerah melengkapinya dengan kebijakan push policy,” kata Polana.

Pada tahun 2029, persentase pergerakan pengguna angkutan umum di Jabodetabek diproyeksikan harus mencapai 60 persen sesuai dengan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ). Namun, kata Polana, saat ini baru mencapai sekitar 28 persen.

Sementara itu, data pada 2018 mencatat terjadi 88 juta pergerakan per hari di wilayah Jabodetabek dengan 30 juta penduduk. Oleh sebab itu, jika mengandalkan kendaraan pribadi maka akan menimbulkan permasalahan kemacetan.

Baca juga: Biskita Transpakuan mulai beroperasi, gantikan angkot yang dikonversi

Pewarta: KR-RKA
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya

Cara Isuzu jaga kondisi kendaraan logistik tetap prima

Dipublish pada 14 November 2021 | Dilihat sebanyak 16 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memiliki cara untuk memberikan layanan kepada konsumen kendaraan niaga mereka dengan memperkuat jaringan bengkel resmi dan menjamin ketersediaan suku cadang asli. After Sales Service Division Head PT IAMI Budhi Prasetyo mengatakan... selengkapnya

Suzuki perluas pasar ekspor, Malaysia dan Irak jadi tujuan baru

Dipublish pada 17 November 2021 | Dilihat sebanyak 19 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Suzuki Indonesia memiliki negara tujuan ekspor terbaru untuk mobil maupun sepeda motor buatan dalam negeri, beberapa di antaranya adalah Irak dan Malaysia.  “Sekarang kita akan melebarkan sayap di negara-negara Blue Ocean sebagai strategi ekspor kami ke depannya,”... selengkapnya

Korsel ingin kembangkan mobil sepenuhnya otomatis pada 2027

Dipublish pada 27 June 2021 | Dilihat sebanyak 82 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perindustrian Korea Selatan pada Minggu mengatakan telah menyetujui 53 proyek dengan anggaran 85 miliar won (75 juta dollar AS) tahun ini, sejalan dengan upaya untuk mengembangkan mobil yang sepenuhnya otomatis pada 2027. Sekitar 373 organisasi dan... selengkapnya

Our Office

PT. Sejahtera Armada Trada
Jl. Margonda Raya No.373, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16242

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.