PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Dapatkan promo mobil suzuki terbaru dan terlengkap. PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Unit Ready Stock PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Diskon & Hadiah berlimpah PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK Proses Cepat PROMO SUZUKI MOBIL DEPOK
Menu
Model
Beranda » News » Bepergian saat libur awal tahun? Simak tips aman berkendara

Bepergian saat libur awal tahun? Simak tips aman berkendara

Dipublish pada 2 January 2022 | Dilihat sebanyak 10 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Momen pergantian tahun biasanya dimanfaatkan sebagian besar orang untuk mengambil jatah cuti akhir tahun. Beberapa orang memilih untuk mengadakan aktivitas seru di rumah, namun tidak jarang juga yang memutuskan untuk bepergian. Agar lebih nyaman, mengendarai kendaraan pribadi menjadi salah satu pilihan tepat untuk menghabiskan liburan bersama orang tersayang. Selain dapat secara leluasa menentukan lokasi yang dituju dengan mudah, menggunakan kendaraan pribadi juga dinilai lebih aman.

Berikut tips aman berkendara dengan kendaraan pribadi di momen libur akhir tahun, dikutip dari siaran resmi Asuransi Astra, Minggu.

Periksa kondisi kendaraan
Memeriksa kendaraan secara menyeluruh akan membuat perjalanan Anda lebih aman dan mengurangi risiko yang mungkin terjadi. Periksa kondisi ban dan tekanannya, aki, lampu, wiper, radiator, serta oli. Jika belum yakin, bawalah kendaraan ke bengkel untuk diperiksa masing-masing komponennya. Selain itu, pastikan bahan bakar mobil terisi secara penuh sebelum memulai perjalanan.

Baca juga: Musim hujan, jangan lupa periksa karet wiper mobil

Baca juga: Mengenal fungsi dipstick untuk membantu pengecekan oli mobil

Lengkapi kendaraan dengan peralatan darurat
Ban serep beserta kuncinya, dongkrak, obeng, kunci inggris, senter, juga segitiga pengaman adalah beberapa alat penting yang harus ada dalam kendaraan. Benda-benda tersebut harus disiapkan untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya ban pecah di tengah jalan yang jauh dari keramaian. Maka pengendara juga perlu mengetahui bagaimana mengganti ban dan beberapa hal teknis penting lainnya.

Jaga kebugaran selama berkendara
Untuk menempuh perjalanan yang diprediksi akan cukup padat apalagi dengan jarak tempuh yang lumayan jauh, sangat disarankan agar Anda mempersiapkan kondisi fisik agar tetap prima. Kebugaran dan kesehatan tubuh sangat penting bagi para pengendara karena dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam berkendara. Carilah tempat peristirahatan yang cukup nyaman apabila sudah mulai merasa lelah.

Berkendara secara aman
Hal penting selanjutnya saat hendak bepergian adalah dengan memahami bagaimana cara berkendara dengan aman agar tidak menimbulkan risiko, baik bagi diri sendiri maupun pengemudi lainnya. Pahami dan patuhi rambu lalu lintas selama dalam perjalanan, perhatikan batas kecepatan di jalan yang Anda lalui, serta jaga jarak aman antar kendaraan menggunakan teknik berhitung tiga detik dengan menentukan patokan benda statis yang dilalui kendaraan di depan Anda.

Lindungi kendaraan
Meski keempat langkah sebelumnya sudah diterapkan, Anda tetap harus melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dan kendaraan dari segala risiko yang tak diinginkan. Asuransi dapat memberikan ketenangan lebih saat berkendara karena Anda tidak perlu khawatir jika risiko buruk menimpa mobil.

Baca juga: Pelaku otomotif antusias sambut gelaran IIMS 2022

Baca juga: Bagian gagang pintu mudah lecet, ini penyebabnya

Baca juga: Pentingnya memahami cara kerja ECU pada kendaraan

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya

Penerus Aventador akan hadir dengan Mesin V12 baru

Dipublish pada 19 July 2021 | Dilihat sebanyak 73 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – CEO Lamborghini Stephan Winkelmann mengatakan bahwa penerus kejayaan dari Lamborghini Aventador akan menampilkan mesin yang serba baru. Dalah urusan ini, sudah lama diketahui bahwa Aventador akan menjadi supercar bertenaga V12 terakhir yang diproduksi oleh Lamborghini tanpa teknologi... selengkapnya

Federal Oil apresiasi kerja keras FOGM2 di Aragon

Dipublish pada 13 September 2021 | Dilihat sebanyak 58 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – ExxonMobil Lubricants Indonesia bersama merek pelumas Federal Oil mengapresiasi kinerja dua pebalap Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2) Fabio Di Giannantonio (Diggia) dan Nicolò Bulega pada balapan di Aragon, Spanyol, akhir pekan lalu, meski keduanya tidak naik podium.... selengkapnya

Intip modifikasi “modern flat track” Yamaha XSR 155

Dipublish pada 28 December 2021 | Dilihat sebanyak 11 kali | Kategori: News

Jakarta (ANTARA) – Modifikator asal Semarang, Hendra Cahyono (Pap N Mam Modified), mengubah tampilan sepeda motor Yamaha XSR 155 dengan konsep “modern flat track”. Hendra yang mengikuti program Yamaha Yard Built mengoptimalkan perubahan bagian kaki-kaki pada XSR 155, salah satunya... selengkapnya

Our Office

PT. Sejahtera Armada Trada
Jl. Margonda Raya No.373, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16242

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.